STEPN, Aplikasi Kripto Yang Bayar Penggunanya agar Tetap Bugar

Apa Itu STEPN?

STEPN merupakan aplikasi gaya hidup Web3 dan permainan Non-Fungible Token (NFT) yang dibangun di atas teknologi Social-Fi dan Game-Fi di jaringan Solana.

Dengan model Move-to-Earn, pengguna STEPN memiliki kesempatan untuk memperoleh hadiah dengan cara melakukan aktivitas fisik sesuai petunjuk dan instruksi yang tertera di dalam aplikasi. Konsep ini menjadikan STEPN unik dibandingkan dengan permainan kripto lainnya.

Konsep Move-to-Earn yang diperkenalkan oleh STEPN merupakan evolusi dari teknologi populer belakangan ini, seperti realitas tertambah (Augmented Reality) dan permainan Play-to-Earn. Dengan demikian, STEPN menjadi perpaduan antara permainan Pokemon Go, Strava, dan Axie Infinity.

Siapa Pendiri STEPN?

Pendiri STEPN adalah Yawn Rong, seorang pengusaha blockchain asal Australia. STEPN didirikan pada bulan Agustus 2021 oleh Yawn Rong, yang sebelumnya telah sukses mendirikan Crypto SA, sebuah perusahaan kripto di Australia yang juga berfungsi sebagai auditor pro-regulasi. Selain itu, Yawn Rong telah aktif sebagai duta besar untuk Algorand dan perwakilan industri dari Asosiasi Blockchain Australia Selatan.

Rong bekerja sama dengan tetangga dan rekan bisnisnya, Jerry Huang, yang merupakan seorang pengembang game dan juga mantan pendiri Falafel Games. Bersama-sama, mereka membentuk tim yang kuat untuk mendirikan dan mengembangkan STEPN menjadi sebuah platform yang inovatif di dunia blockchain dan game.

Fitur Unik yang Membuat STEPN Berbeda dengan Aplikasi Gaya Hidup Lainnya

  1. Penggunaan Teknologi Blockchain:
    • STEPN menggunakan teknologi blockchain untuk menyimpan data dan imbalan pengguna.
    • Hal ini meningkatkan keamanan data pengguna serta memastikan transparansi dalam sistem imbalan.
  2. Kombinasi GameFi dan SocialFi:
    • STEPN menggabungkan elemen GameFi dan SocialFi untuk memberikan pengalaman yang lebih menarik dan interaktif bagi pengguna.
    • Elemen GameFi membuat STEPN menjadi lebih seru dan menantang bagi pengguna.
    • Sementara itu, elemen SocialFi memungkinkan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain, membentuk komunitas, dan berbagi tips serta pengalaman dalam berolahraga.
  3. Fokus pada Interaksi Sosial:
    • STEPN menekankan pada elemen SocialFi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung satu sama lain.
    • Pengguna dapat bergabung dengan komunitas STEPN untuk berinteraksi, berbagi pengalaman, serta memberikan dukungan dalam menjalani gaya hidup sehat dan aktif.

Tiga Mode Permainan STEPN

  1. Mode Solo:
    • Mode dasar di STEPN yang memungkinkan pengguna untuk berolahraga secara bebas di mana saja.
    • Semakin jauh jarak tempuh yang dicapai, semakin banyak token GST yang diperoleh.
    • Pengguna diberikan 2 unit energi saat memulai mode Solo. Satu unit energi setara dengan 5 menit olahraga.
    • Setiap kali berolahraga, pengguna menggunakan energi yang dimilikinya. Energi akan terisi kembali secara bertahap setiap 24 jam.
    • Untuk meningkatkan jumlah energi, pengguna dapat membeli sepatu NFT tambahan. Sepatu NFT dengan harga lebih tinggi biasanya memiliki lebih banyak energi.
  2. Mode Marathon:
    • Mode yang memungkinkan pengguna untuk mengikuti marathon virtual, baik yang diadakan secara mingguan atau bulanan.
    • Pengguna yang berhasil menyelesaikan marathon akan menerima hadiah berupa token GST dan GMT.
    • Pendaftaran biasanya dibuka 24 jam sebelum marathon dimulai, dengan jarak tempuh yang harus dicapai ditentukan oleh penyelenggara.
  3. Mode Background:
    • Mode yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan token GST bahkan saat mereka tidak sedang berolahraga.
    • Pengguna harus tetap mengenakan sepatu NFT agar mode ini aktif.
    • Token GST dihasilkan secara perlahan dalam mode Background, dengan jumlah yang tergantung pada kualitas sepatu NFT yang digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan STEPN

Kelebihan STEPN:

  1. Inovasi dalam Konsep Move-to-Earn: STEPN adalah pemain utama dalam sektor Move-to-Earn, menghadirkan konsep inovatif yang menggabungkan gaya hidup aktif dengan imbalan kripto. Ini menarik bagi pengguna yang ingin mendapatkan imbalan dari aktivitas fisik mereka.
  2. Kemitraan dan Dukungan Investor Besar: Memiliki dukungan dari investor besar seperti Binance, Solana Capital, dan Sequoia Capital menunjukkan kepercayaan pada proyek ini dan memberikan akses ke sumber daya yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pengembangan STEPN.
  3. Penggunaan Teknologi Blockchain: STEPN menggunakan teknologi blockchain untuk menyimpan data dan imbalan pengguna, meningkatkan keamanan dan transparansi dalam sistem. Ini memberikan kepercayaan kepada pengguna terkait keamanan dan integritas platform.
  4. Adopsi Tinggi dan Pertumbuhan Pengguna Aktif: STEPN telah berhasil mencapai tingkat adopsi yang tinggi dengan jumlah pengguna aktif harian yang mencapai puncak 400.000 pengguna. Ini menunjukkan bahwa konsepnya diminati oleh masyarakat.
  5. Kontribusi terhadap Masalah Lingkungan: Mengalokasikan sebagian profit untuk mengatasi masalah perubahan iklim menunjukkan komitmen STEPN terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan, yang dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat.

Kekurangan STEPN:

  1. Pertumbuhan Pengguna yang Lambat: Meskipun memiliki jumlah pengguna aktif yang tinggi, pertumbuhan pengguna harian STEPN masih belum mencapai titik tertinggi terbarunya. Ini menimbulkan keraguan tentang kesinambungan model Move-to-Earn di masa depan.
  2. Kurangnya Pengalaman dalam Kripto: Tim di balik STEPN memiliki pengalaman minim dalam bidang kripto, bahkan tanpa Chief Technology Officer (CTO) atau desainer ekonomi game. Hal ini dapat menjadi hambatan dalam pengembangan teknologi STEPN yang lebih canggih.
  3. Biaya Tinggi untuk NFT Sneakers Berkualitas: Untuk memperoleh NFT Sneakers berkualitas, pengguna awam harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Hal ini dapat membatasi aksesibilitas bagi sebagian pengguna dan mengurangi daya tarik platform.
  4. Fluktuasi Harga Token: Harga token dalam STEPN cenderung fluktuatif, membuat sulit untuk menganalisis Return on Investment (ROI) dari model Move-to-Earn. Hal ini dapat menimbulkan ketidakpastian bagi pengguna terkait potensi penghasilan mereka.
  5. Pengalaman Pengguna yang Kurang Memuaskan: Pengalaman pengguna (User Experience/UX) STEPN dinilai kurang memuaskan jika dibandingkan dengan aplikasi kebugaran lainnya seperti Nike Running Club dan Strava. Hal ini dapat mengurangi retensi pengguna dan menyulitkan pertumbuhan platform.

Cara Membeli Token STEPN (GMT) di Pintu

Untuk membeli token STEPN (GMT), kamu dapat menggunakan aplikasi Pintu. Di dalam aplikasi Pintu, kamu bisa melakukan investasi pada coin GMT dengan aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask, sehingga proses transaksi menjadi lebih mudah dan nyaman untukmu. Jangan ragu untuk mengunduh aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store!

Download di Bawah:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.valar.pintu&hl=id
https://apps.apple.com/id/app/pintu-buy-invest-crypto/id1494119678

Keamananmu akan terjamin karena Pintu telah diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo, sehingga kamu dapat melakukan transaksi dengan lebih percaya diri.

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here