Mengenal Lebih Dalam Celestia, dan Bagaimana Cara Membeli Tokennya Dengan Mudah

Apa itu Celestia?

Celestia merupakan blockchain pertama yang mengadopsi arsitektur modular, berbeda dengan kebanyakan blockchain yang biasanya bersifat monolitik. Dibangun menggunakan Cosmos SDK dan menggunakan konsensus Proof of Stake, Celestia menawarkan pendekatan yang inovatif terhadap masalah skalabilitas, sambil tetap mempertahankan desentralisasi dan keamanan jaringan.

Dengan arsitektur modularnya, Celestia mampu mengatasi tantangan skalabilitas sambil tetap mempertahankan aspek penting desentralisasi dan keamanan jaringan. Selain itu, Celestia menggunakan Data Availability Sampling (DAS) untuk meningkatkan skalabilitas dan eksekusi transaksi. DAS adalah sistem yang memverifikasi semua data yang ada di blockchain, memastikan keandalan dan keabsahan informasi.

Pada 31 Oktober 2023, Celestia meluncurkan Mainnet Beta dengan kode nama Lemon Mint. Pada tahap ini, fitur, teknologi, dan cara kerja Celestia dibahas secara mendetail.

Di balik Celestia Network, terdapat tim yang berpengalaman, termasuk Mustafa Al-Bassam, yang memiliki latar belakang dalam penelitian blockchain; John Adler, seorang ahli blockchain khususnya Layer 2; dan Nick White, seorang mantan pendiri Harmony. Proyek Celestia berhasil mendapatkan pendanaan dari berbagai venture capital seperti Spartan Group, Jump Crypto, Blockchain Capital, dan Polychain Capital dengan total nilai mencapai US$55 juta.

Cara kerja Celestia

Sebagai blockchain modular melibatkan pemisahan fungsi-fungsi inti dari sistem ke dalam modul-modul yang dapat beroperasi secara independen. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Modul Konsensus: Modul ini bertanggung jawab atas proses konsensus di jaringan. Fokus utamanya adalah memastikan ketersediaan data yang konsisten di seluruh jaringan. Berbeda dengan blockchain monolitik yang menggabungkan lapisan konsensus dengan eksekusi dan penyelesaian, modul konsensus dalam blockchain modular lebih terpusat pada menyepakati data dan menjaga konsistensi jaringan.
  2. Modul Eksekusi: Lapisan eksekusi menangani pelaksanaan smart contract. Dalam pendekatan modular, lapisan eksekusi dapat diintegrasikan atau diperbarui secara terpisah tanpa mempengaruhi lapisan lainnya.
  3. Modul Penyelesaian (Settlement): Modul ini mengelola proses penyelesaian transaksi dan transfer aset. Dengan pemisahan modul, developer dapat menyesuaikan atau mengganti modul penyelesaian tanpa perlu melakukan perubahan besar pada modul lainnya.
  4. Modul Ketersediaan Data (Data Availability): Lapisan ketersediaan data memastikan bahwa data yang diperlukan untuk validasi transaksi tersedia di seluruh jaringan. Dalam blockchain modular, fokusnya pada ketersediaan data dapat meningkatkan efisiensi dan skalabilitas sistem secara keseluruhan.

Fitur Fitur Celestia

Interaksi Cross-chain: Celestia menggunakan arsitektur Cosmos SDK dan EVM, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi antar blockchain. Ini memfasilitasi integrasi yang lancar antara Celestia dan jaringan blockchain lainnya.

Dukungan Berbagai Bahasa Pemrograman: Dengan arsitektur modularnya, Celestia dapat mendukung berbagai bahasa pemrograman dan mesin virtual (VM). Saat ini, platform ini mendukung Solidity (EVM), Rust, dan Golang (Cosmos SDK). Hal ini memberikan fleksibilitas kepada pengembang untuk memilih bahasa dan VM yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek mereka.

Kustomisasi Blockchain: Celestia memungkinkan penyesuaian dan adaptasi yang mudah untuk kasus penggunaan tertentu. Pengembang dapat memilih dan mengimplementasikan modul-modul yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa mengganggu keseluruhan sistem. Ini memperkuat kemampuan platform untuk beradaptasi dengan kebutuhan bisnis dan teknis yang beragam.

Kegunaan Token Celestia (TIA)

Celestia memiliki token asli yang dikenal sebagai TIA, yang merupakan komponen krusial dalam ekosistemnya. TIA berperan dalam mengamankan jaringan melalui Proof of Stake dan membayar biaya transaksi.

Menurut white paper Celestia, berikut adalah beberapa fungsi dari token TIA:

  1. Membayar Blobspace: Untuk mengakses lapisan data availability Celestia, tim pengembang rollups perlu melakukan transaksi PayForBlobs yang pembayarannya menggunakan TIA.
  2. Bootsrapping Rollups Baru: Seperti rollups berbasis Ethereum, tim pengembang memiliki opsi untuk memulai rantai mereka dengan menggunakan TIA sebagai gas token dan aset.
  3. Proof of Stake: Sebagai blockchain Proof of Stake, Celestia memanfaatkan TIA untuk mengamankan jaringan dan memberikan imbalan melalui mekanisme staking.
  4. Decentralized Governance: Para pemegang TIA dapat berpartisipasi dalam tata kelola terdesentralisasi Celestia, memberikan mereka suara dalam keputusan-keputusan penting terkait dengan perkembangan jaringan.

Tokenomic Celestia

TIA memiliki total pasokan sebanyak 1 miliar, dengan jumlah yang beredar saat ini mencapai 14,1% dari total pasokan, yaitu sebesar 141 juta TIA. Sebagai bagian dari alokasi, 20% dari total pasokan TIA dialokasikan untuk kepentingan publik melalui insentif testnet atau untuk inisiatif lainnya di masa depan. Salah satu insentif yang diberikan adalah melalui genesis airdrop Celestia, yang mencakup penyaluran sebesar 60 juta token TIA pada saat peluncuran mainnet Celestia.

Cara Membeli Token TIA di Pintu

Setelah memahami apa itu Celestia, Anda dapat memulai investasi pada token TIA dengan membelinya melalui aplikasi Pintu. Berikut adalah langkah-langkah untuk membeli TIA menggunakan aplikasi Pintu:

  1. Silahkan anda buat akun Pintu dan ikuti langkah langkah untuk verifikasi identitas Anda untuk memulai kegiatan trading.
  2. Pada halaman utama, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu Anda menggunakan metode pembayaran pilihan Anda.
  3. Buka halaman market dan cari token TIA.
  4. Klik tombol “beli” dan masukkan jumlah nominal yang ingin Anda beli.
  5. Sekarang Anda telah berhasil mendapatkan token TIA!

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat memulai investasi dalam token TIA melalui aplikasi Pintu dengan mudah dan cepat.

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here