CryptoNesia x Pintu AMA Recap (20 November 2023)

Hallo semuanya, kami ingin memberi tahu Anda tentang sesi AMA dengan Tim Pintu, Ilham Trierasyidi & Ari Budi Santosa. AMA ini berlangsung pada 20 November 2023 pukul 7 Malam WIB. Total hadiah untuk peserta AMA yaitu sebesar adalah $50 dalam dan dibagi di antara 10 Pemenang.

INTRODUCTION SEGMENT — SEGMEN PENGENALAN

Q1. Apa Itu Pintu, bisa tolong dijelaskan ke kami semua?

Jawaban:

Pintu adalah sebuah aplikasi cryptocurrency exchange lokal yang telah resmi terdaftar di Bappebti dan Kominfo. Fokusnya tidak hanya untuk trader/investor pemula, tetapi juga untuk mereka yang berada di tingkat intermediate dan ekspert. Bahkan hingga saat ini, kami telah melisting lebih dari 100 aset yang dapat diperdagangkan di Pintu. Platform Pintu sendiri telah beroperasi sejak bulan April tahun 2020, menjadikannya sudah berusia lebih dari 3 tahun saat ini.

Meskipun usianya masih muda, jumlah karyawan yang bekerja di Pintu telah mencapai lebih dari 250 orang. Awalnya, tim terdiri dari hanya sekitar 10 orang. Pertumbuhan yang signifikan ini menunjukkan keseriusan kami dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna kami. Bagi yang tertarik untuk bergabung sebagai bagian dari tim Pintu, silakan cek lowongan yang tersedia di careers.pintu.co.id yaa!

Q2. Bagaimana Kondisi market saat ini dan akhir tahun? Apa tim bisa ngasih prediksi dan analisanya?

Jawaban:

Melihat kondisi market saat ini, bisa dikatakan tergolong bullish jika dibandingkan dengan kondisi 1 tahun yang lalu. Rasanya kurang lengkap jika tidak membicarakan tentang Bitcoin dalam pembahasan terkait market. Saat ini, harga Bitcoin telah melampaui angka $30.000 setelah mengalami fluktuasi yang cukup signifikan sejak bulan Juni tahun 2022. Harga Bitcoin bertahan di bawah 30 ribu USD untuk waktu yang cukup lama.

Jika kita melihat dari indikator On-Chain BTC, jumlah pemegang Bitcoin jangka panjang justru lebih banyak daripada pemegang jangka pendek. Pemegang jangka panjang saat ini bahkan mencapai level tertinggi sejak tahun 2015–2016. Hal ini menandakan bahwa sebagian besar orang yang memiliki Bitcoin menyimpannya untuk jangka waktu yang panjang. Hal ini juga menunjukkan adanya kepercayaan yang kuat dari investor dan trader terhadap potensi nilai Bitcoin di masa depan.

Q3. Bisakah tim membagikan Strategi alokasi capital dalam melakukan investasi ataupun trading?

Jawaban:

Oke buat strategi alokasi sebenernya agak tricky ya karena ini akan sesuai dengan manajemen risiko masing-masing. Idealnya, aset yang sangat fluktuatif lebih baik diminimalisasi dan porto kalian mayoritasnya di aset terbesar yaitu BTC dengan altcoin persentasenya kecil (10–25%).

Tapi, kalau kalian ingin 100% altcoin pun bukan kesalahan ASALKAN kalian mengerti risikonya. Kalau kalian mau semuanya di altcoin, mulai dari altcoin dengan market cap besar dan fundamental bagus ETH atau SOL. Dari sini, alokasi kalian ke altcoin midcap dan low-cap harus terus mengecil.

Contoh portofolio BTC+Altcoin: BTC 60% + ETH 20% + token mid-cap 10% + token low-cap 10%

Contoh Portofolio altcoin: ETH 30%+SOL 30%+token mid-cap 20%+ token low-cap 10+10%.

Bagi kalian yang merasa pemula, lebih baik jangan menyebarkan porto ke terlalu banyak aset. Usahakan fokus di 3–5 token.

Q4. Apa itu Limit order, bisakah tim Pintu menjelaskan mengenai ini secara general?

Jawaban:

Limit order merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membeli atau menjual aset kripto sesuai dengan harga yang telah mereka tentukan sebelumnya. Fitur ini sebenarnya telah banyak diminta oleh pengguna kami dan kini sudah tersedia di Pintu.

Pada Limit Order Beli, aset akan dibeli secara otomatis ketika harganya turun mencapai atau di bawah target harga yang ditetapkan. Trader bisa menggunakan jenis limit order ini untuk masuk ke pasar dengan harga yang terbaik. Caranya adalah dengan menetapkan target harga beli pada area support aset tersebut.

Sedangkan pada Limit Order Jual, aset akan dijual secara otomatis ketika harganya naik mencapai atau di atas target harga yang ditentukan. Trader bisa menggunakan jenis limit order ini untuk melakukan take profit yang maksimal. Caranya dengan menentukan target harga jual pada area resistance aset tersebut.

Fitur Limit Order tak hanya berguna untuk mempermudah proses jual-beli aset secara otomatis, namun fitur ini juga bisa digunakan sebagai strategi untuk mengoptimalkan trading

Q5. Untuk Cara Menggunakan limit order di Pintu, itu gmn kak? Mungkin bisa dijelasin ke kami..🙏🏻

Jawaban:

Cara menggunakan limit order di Pintu sangat gampang.

Kalian tinggal pilih aset yang mau kalian beli dan ubah jenis order instan ke limit di bagian kanan atas.

Setelah itu, kalian tinggal set harga beli dan tentukan jumlah yang akan dibeli.

Untuk limit order beli, kalian akan menentukan harga di bawah harga sekarang sementara untuk jual harganya harus lebih tinggi dari saat ini.

Q6. Bagaimana Cara terbaik memanfaatkan market dengan limit order di Pintu?

Jawaban:

Menurut aku pribadi dan yang aku lakukan, limit order paling tepat kalau kalian akan melakukan 2 hal:

1. Kalian DCA atau nabung aset yang kalian tahu potensi jangka panjangnya bagus dan fundamentalnya kuat
2. Kalian mau trading dan kalian TAHU titik support kuat di level harga mana saja.

Layaknya strategi buy the dip, limit order sangat berisiko di fase bear market kecuali kalian emang mindsetnya untuk jangka panjang.

Dengan kondisi pasar yang mulai recover seperti sekarang, menurut aku limit order akan sangat bermanfaat karena risiko dump dengan persentase tinggi semakin kecil.

Kalian bisa coba set limit order dalam rentang harga 10–20% di bawah harga sekarang karena kemungkinan penurunan rentang seperti ini sangat realistis dan setiap
Bull market selau memiliki pullback jangka pendek.

Tapi, menurut aku sendiri fase awal bull market paling ideal untuk ngelakuin limit order dengan tujuan HODL. Mengapa? Karena mindset jangka menengah-panjang sangat cocok untuk fase awal bull market dan overtrading risikonya sangat besar, terutama bagi kalian yang belum berpengalaman.

Jika kalian sedang belajar trading, usahakan gunakan limit order dalam kuantitas yang kecil dari total portofolio kalian.

TWITTER SEGMENT — SEGMEN TWITTER

Segmen pengenalan kami sudah berakhir, saatnya kita pindah ke segmen Twitter.

  1. Mau tanya kak mengenai kena Tax/Pajak limit order dan market order apakah sama atau beda? Cara hitungannya bagaimana ya?

Jawaban:

Untuk perhitungan pajak, baik menggunakan limit order maupun market order sebenarnya sama. Yang membedakan adalah bahwa PPN dari transaksi pembelian adalah sebesar 0,11%, sementara PPH dari transaksi penjualan sebesar 0,1%, Kebijakan ini sendiri tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 68/PMK.03/2022 yang berlaku mulai tanggal 1 Mei 2022

Berikut ini merupakan simulasi penghitungan pajak crypto berdasarkan PMK 68/2022:

Ilham mempunyai aset 1 ETH dan berencana menjual crypto tersebut melalui Pintu. Di saat yang bersamaan, Ari juga hendak berinvestasi crypto dengan membeli 1 ETH di platform Pintu. Kemudian, keduanya melakukan transaksi jual-beli di platform exchange yang sudah terdaftar di Bappebti seperti Pintu. Saat itu, harga 1 ETH setara dengan Rp 25 juta.

Ilham selaku penjual pada transaksi kali ini dikenai pajak PPh sebesar 0,1%. Maka, nilai pajaknya adalah 0,1% x (1 koin x Rp 25 juta) = Rp25.000. Sementara Ari selaku pembeli dikenai pajak PPN sebesar 0,11%. Dengan demikian, nilai pajaknya adalah 0,11% x (1 koin x Rp 25 juta) = Rp 27.500.

Dalam transaksi tersebut, baik Ilham maupun Ari tidak perlu repot melakukan perhitungan dan penyetoran. Nantinya, platform exchange tempat Ilham dan Ari melakukan transaksi yang bertugas untuk memungut dan menyetorkan pajak tersebut ke negara. Adapun, biaya pajak tersebut secara otomatis akan termasuk ke dalam biaya transaksi dan langsung dipotong.

2. Lebih baik menggunakan limit order sebagai bagian dari strategi jangka pendek atau jangka panjang? Mengapa kak?

Jawaban

Sebenarnya, ini dapat diimplementasikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Menurut saya, lebih nyaman untuk jangka panjang. Ketika kita telah menetapkan rencana pembelian atau penjualan sebesar berapa persen dari harga aset yang ada di pasar saat ini, ada strategi dollar cost averaging yang sangat cocok untuk diimplementasikan dengan menggunakan limit order.

Tentu saja, jika kita ingin membeli, kita tidak ingin membeli saat harga aset sedang berada di puncak atau sedang naik. Jadi, kita menetapkan pembelian jika penurunan mencapai 10% dari harga saat ini. Strategi dollar cost averaging tidak hanya melibatkan satu transaksi, melainkan dibagi menjadi beberapa transaksi. Ini memungkinkan kita menetapkan pembelian aset sesuai dengan target pembelian kita, misalnya, 10% di bawah harga saat ini, dan dibagi menjadi beberapa transaksi, ketika kita sudah tahu di harga berapa kita akan beli dan juga jual, maka tinggal kita set up di limit order sesuai dengan saldo yang ingin kita gunakan.

Dengan demikian, kita dapat membeli kripto dengan harga rata-rata yang membantu meminimalisir risiko fluktuasi kripto. Sebenarnya, ini juga dapat diimplementasikan dalam jangka pendek, kita hanya perlu menetapkan pembelian atau penjualan pada harga tertentu sesuai dengan perhitungan dan strategi yang ingin diterapkan dengan time frame yang lebih pendek.

3. Bagaimana kakak mengelola ekspektasi diri dan tetap realistis dalam menetapkan target keuntungan dan kerugian menggunakan limit order?

Jawaban

Menurutku, penting untuk tetap konsisten dan tidak terbawa emosi saat melakukan trading atau investasi. Contoh, jika kita telah menetapkan target keuntungan sebesar 5% dari modal yang kita miliki dan target itu tercapai, sebaiknya kita melakukan “take profit” tanpa memikirkannya lebih lanjut. Bahkan jika harga aset terus naik setelah kita mengambil keuntungan, menurutku keuntungan tetaplah keuntungan. Konsistensi dalam mencapai target yang realistis sangatlah penting, tentu ini bisa kita atur penjualan atau “take profit” nya menggunakan fitur limit order yang ada di Pintu.

Ketika mengelola harapan saat mengalami kerugian, kita harus tetap memahami tujuan investasi kita dan profil risiko yang kita miliki. Jika nilai dari aset yang dibeli turun, kita harus memperkirakan kemungkinan tersebut, karena hal ini dapat terjadi pada instrumen investasi apapun. Jika kita memiliki rencana untuk “cut loss”, kita perlu menentukan seberapa besar kerugian yang dapat kita terima, dan kita harus mematuhi angka tersebut. Selanjutnya, setelah perhitungan dilakukan, kita dapat menggunakan limit order untuk melakukan tindakan yang sesuai.

Yang berbahaya adalah ketidak-konsistenan. Misalnya, kita telah menetapkan bahwa kita bersedia “cut loss” jika kerugian mencapai 5% dari modal, namun kita masih berharap agar nilai aset tersebut naik. Saat nilai aset terus menurun melebihi 5% kerugian, ini tidak sesuai dengan harapan dan malah membuat kita mengalami kerugian yang lebih besar.

4. Saat kita set Limit Order baik beli maupun jual, apakah ada masa berlaku nya kak? Kalau ada, dalam rentan waktu berapa?

Jawaban

Tidak ada batas waktu untuk membuka limit order di Pintu. Tapi, kalian harus realistis dalam menentukan angka limit order. Coba bandingkan antara harga dan market cap maksimal yang bisa dicapai sebuah aset.

Limit beli yang baik ada di rentang 10–30% dari harga sekarang sementara limit jual akan sesuai dengan potensi maksimal menurut kalian.

Kalian juga bisa melihat harga tertinggi sebuah aset dan menempatkan limit order di angka tersebut jika kalian sudah yakin.

5. Sebaiknya berapa persen modal yang digunakan dalam melakukan limit order? Dan berapa persen target profit yang sebaiknya digunakan?

Jawaban

1/2

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, kalau kalian baru mulai usahakan persentasenya sangat kecil. Mungkin kalian bisa coba di angka ratusan ribu.

Tapi, kalau tujuan kalian untuk invest dalam jangka bulanan atau 1 tahun ke atas, menurutku berapa persen tidak akan jadi masalah asalkan kalian memilih aset yang tepat.

Jadi, dalam bull market yang lebih penting adalah aset yang kalian pilih, bukan alokasi berapa persen atau nominalnya. Perhatikan tren pasar sedang di kategori aset apa dan cari tahu tren apa yang sedang populer.

Kenaikan altseason di bull market bisa menghasilkan keuntungan ribuan persen kalau kalian memilih aset yang tepat. Mereka yang bisa meneliti aset akan menjadi pemenang di bull market.

Tren akan berdatangan dan bergantian dengan cepat di dalam bull market. Banyak yang sering bercanda kalau bull market bukan waktu untuk tidur.

2/2

Dalam take profit, bull market juga membutuhkan mindset yang berbeda. Dalam bear market, lupa TP artinya kalian bisa rugi puluhan %. Ini tidak akan terjadi dalam bull market.

Ada istilah yang sering digunakan di kalangan trader di Twitter yaitu “winners keep winning” yang maksudnya aset dengan performa kuat atau leader di sektornya pasti akan terus memiliki performa bagus dalam rentang waktu bull market.

Maka dari itu, jangan terlalu sering TP di aset dengan fundamental yang sudah jelas dan masuk ke kategori mid atau high cap.

Strategi TP agresif sebaiknya kalian lakukan ke aset yang kalian masih ragukan potensinya, belum memiliki produk, atau tidak punya fundamental jelas.

Kalian harus bisa memisahkan antara short-term winner dan long-term winner. Bagaimana caranya? Kembali lagi di sini riset sangat penting. Kalian bisa baca 2 artikel analisis fundamental di Pintu Academy buat tahu caranya.

Selesai.

LIVE QUESTIONS — PERTANYAAN LANGSUNG

Q1. Mau tanya tips singkat bagaimana cara mengatur pengalokasian portofolio crypto misal berapa persen Coin/Token, Stablecoin dll? Terima kasih

Jawaban:Hai Alhaaa, seperti tadi di segmen 1, ini akan sangat bergantung ke manajemen risiko kamu. Kamu bisa alokasiin 50% BTC dan 25% token top 10 seperti SOL atau ETH dan 25% sisanya di token mid cap.

Kalau kamu sangat agresif, kamu bisa mengalokasikan 50% token altcoin top 10 dan sisanya cari token dengan market cap medium atau bahkan kecil.

Terima kasih pertanyaannya!

Q2. Bagaimana Pintu memfasilitasi pengalaman trading yang mudah dan ramah pengguna bagi pelanggannya?Tindakan apa yang diambil Pintu untuk memastikan keamanan dan privasi kepemilikan mata uang kripto dan data pribadi penggunanya?

Jawaban

Pintu memiliki UI dan UX yang didesain untuk pengguna baru yang belum pernah membeli aset kripto. Proses membeli dan menjual aset kripto di Pintu sangat mudah dan akan terasa familiar bagi pengguna baru sekali pun.

Pintu terdaftar secara legal di badan resmi pemerintah Indonesia dan kami memastikan semua dana yang disimpan aman. Semua pengguna Pintu dilindungi oleh hukum Indonesia yang meliputi jaminan keamanan aset dan juga data sensitif.

Terima kasih pertanyaannya!

Q3. Setelah hadirnya fitur Limit Order, apakah kedepannya Pintu akan menghadirkan fitur stoploss/stoplimit kak? agar kita sbg user bisa meminimalisir kerugian

Jawaban

Thank you kak Riski untuk pertanyaannya!

Sebenarnya saat ini kita belum ada spesifik fitur Stoploss/Stoplimit, tetapi pengguna bisa memanfaatkan fitur Limit Order yang ada di Pintu untuk meminimalisir kerugian, kakak tinggal atur harga jual asetnya dan kuantitas aset yang mau di jual sesuai dengan perhitungan kerugian yang bisa kakak terima.

Q4. Apa yang membedakan Pintu dari bursa mata uang kripto lainnya dalam hal pendaftaran dan kepatuhannya?

Jawaban

Dalam proses pendaftaran akun di Pintu sangatlah mudah dan kita pengguna tetap harus melakukan KYC sesuai dengan peraturan pemerintah yang sudah ditetapkan, namun yang membedakan Pintu dengan platform lain dari sisi pendaftaran akun yaitu kemudahan, tampilan yang simple dan juga guidelines yang jelas, sehingga pengguna tidak akan bingung untuk menyelesaikan pendaftaran akun.

Q5. Apakah Anda lebih cenderung menggunakan limit order saat kondisi pasar tertentu, dan mengapa Anda memilih pendekatan tersebut?

Jawaban

Haii Novella, seperti yang tadi dijelaskan, Limit order sangat ideal digunakan dalam kondisi pasar positif karena potensi penurunan tajam semakin berkurang.

Dalam bear market, membeli di angka bawah memberikan ketidakpastian sangat besar karena kita belum mengetahui harga bottom sebuah aset di titik berapa.

Ketidakpastian ini tidak hadir di bull market karena istilah “dips are for buying” sangat sesuai untuk kondisi bull market.

Jadi, pastikan dulu kamu memahami dinamika pasar yang sedang terjadi dengan melihat grafik harga BTC, market cap total aset kripto, dan market cap total altcoin.

Message From The Team/Pesan Dari Tim:

Answer/Jawaban:

Ada satu fitur lagi yang sedang dikembangkan oleh Pintu, yakni fitur web 3. Dengan fitur ini, pengguna nantinya dapat melakukan airdrop hunting. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan trading aset di berbagai DEX, melakukan staking di platform DeFi, serta mengoleksi dan melakukan trading NFT. Jaringan yang akan tersedia yaitu BNB Chain, Ethereum, jaringan Polygon, dan juga Arbitrum. Dengan demikian, pengguna dapat tetap mengikuti perkembangan web3 yang ada dan tidak ketinggalan informasi terbaru.

Terakhir, kita juga akan terus melisting aset lebih banyak lagi, sehingga pengguna kami bisa memiliki berbagai macam opsi pilihan yang lebih banyak!

Thank you!

READ THE FULL AMA HERE :

https://t.me/CryptoNesiaGlobal/964434

⚡️ PROJECT DETAILS:

Website: https://pintu.co.id
Telegram: https://t.me/pintuindonesia
Twitter: https://twitter.com/pintuid
Discord: https://discord.com/invite/pintuindonesia

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here